Pengertian Hyperlink

Ketika kita masuk ke salahtu website atau[u blog apa yang harus kita simpukan dari web tersebut ??

Mungkin yang terbayang di pikiran kita hanyalah sebuah website yang menampilakan sebuah halaman atau isi kontern website tertentu.



Namun pada padarnya website tersebut merupakan salaha satu data gabungan dari beberapa file yang bisa terhubung satu sama lain tentunya.

Dalam website tersebut banyak sekali menu yang yang tersedia didalamnya contoh seperti MENU HOME,PROFILE,CONTACK,, dan masih banyak lain menu-menu yang ada pada websiter tesbut yang bisa menghubungkan antara satu menu ke menu yang lain dari dasar induk postingan website pada halaman tertnetu.

Nah, bagaimana cara untuk bisa kita terhubung atau menghubung kan seluruh halam wepsite yang ada pada blog atau website tersebut, atau yang dunamankan link ,hyperlink.

Padasarnya seluruh website pasti memiliki yang namanya hyperlink untuk menghubung halaman ke halaman yang di tujukan, sehingga pengunjung dapat menjelajahi seluh halaman yang ada dalam website tersebut. Untuk pengertian hyperlink tersebut ?? dan apa fungsinya .

Ada beberapa pengertian dari hyperlink tersebut yang bisa kita simpilkan dari buku-buku atau informasi yang ada, beberapa perngertian hyperlink adalah sebagai berikut :

Hyperlink atau biasa di sebutkan link adalah url text yang berisi url yang dapat menuntun penjelajah menuju ke url atau halaman tertentu pada website.

Dan juag hyperlink juga bisa di bilang sebagian text atau gambar yang saat diklik dengan otomatis atau menuju ke halaman tertentu seperti yang ada pada text atau gambar tersebut.

Hyperlink juga di sebut dalah satu halaman yang menghunbungkan page www lainnya, ke halaman tertentu yang bisa berupa seperti bentuk file multimedia atau program-program yang sudah di sediakan oleh pengelola blog atau website tertentu.

Ada juga yang sebut hyperlink adalah sebuah acuan dalama satu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau pada sumber lainnya.

Ada beberapa pengertian Hyperlink di atas, Maka dapat di simpulkan bahwa hyperlink dapat menghubungkan suatu halaman ke halaman yang lain, dan juga masih terdapat pada blog atau website itu sendiri, Hyperlink juga dapat menghubungkan suatu web ke website lainnya.

Selain bisa mengkaitkan suatu halaman, hyperlink juga bisa mengkaitkan halaman dengan halaman dengan seperti file multimedia, dan seperti program-program tertentu.

Hyperlink ini dapat kita pasang dengan menggunakan seperti text, gambar maupun simbol lainnya.

Hyperlink dengan menggunakan text dapat di bedakan secara visual, pada dasarnya kalau secara default text yang di pasang pada sebuah halaman web atau blog akan berwarna biru dan Underline.

Sedangkan hyperlink yang terpasang pada gambar, maka kita tidak bisa membedakan secara visualisai secara lansung, namun ketika pointer atau kursol mouse berada pada gambar yang sudah terpasang hyperlink, maka gambar tersebut biasanya akan berubah tampilannya.

Jika suata kata atau gambar yang sudah ter create hyperlink di klik ,maka secara akan menghubungkan kehalaman yang di tujukan seperti judul atau jenis gambar yang pancangkan pada suatu postingan.

Cara membuat Hyperlink pada halaman HTML.

Dari kode yang terbentuk pada hyperlink HTML terbentuk dari <a>, secara default pada penulisan halaman HTML , lihat contoh di bawah ini :

<a href="URL">Anchor Text </a>

Contoh :

< href="https://www.bloggo.website">Blog </a>

Nah, yang dinamakan hyperlink adalah menghubungkan suatu http:// ke halamannya
seperti tulisan warna merah di atas contoh link atau akan kita hyperlink , ketika text warna biru yang tulisan blog diklik maka, akan terhubung ke halaman http suatu  konten web.

Hyperlink tidak hanya bisa di gunaka di website saja, namu hyperlink  juga bisa di gunakan pada Microsoft  Word, Ms Ms Exel dam Ms Power Point.

Baca Juga : Cara Membuat Hyperlink Di Power Point

Inilah sedikit pemahaman mengenai hyperlink dan fungsinya pada suatu blog atau web.






teuku irma mulanda

About teuku irma mulanda

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.