Cara mengatasi printer macet atau rusak, berikut tips-tips dan solusinya

Printer merupakan alat Elektromekanis ang mengubah teks dokumen dan grafis dari bentuk elektronik digital ke bentuk fisik. itulah yang du sebut print, dan juga produk ini  berbagai macam keperluan pekerjaan seperti perkantoran perbankan dan lain-lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips jika anda mengalami masalah dengan print tersebut, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut.



Saat ini printer sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk di miliki oleh setiap pengguna seperti perusahaan dan perkantoran dengan melakukan aktifitas komputer maupun laptop.

Kalau dari segi manfaat memang di setip perangkat printer dapat mempermudah penggunanya melakukan perkerjaan percetakan dan ainnya.

Namun yang menjadi masalah printer saat terjadi hal yang tidak di inginkan, maka pihak pihak penggunaan printer harus memiliki konsenkuansi perawatan uang harus di pahami oleh si pemiliknya,
Mungkin printer memang tidak selalu stabil saat melakukan aktifitas perkerjaan, kemungkinan besar pergunaan printer memang selalau ada masalah ketika mencetak dokumen atau data lainnya, kadang sering ada gangguan yang terjadi pada printer tersebut seperti hasil cetakan seperti pada surat atau dokumen bergaris.

Berikut ini adalah cara mengatasi printer bergari pada hasil cetakan seperti data surat- menyurat .

Untuk masalah pertama yang sering di alami si pemilik priter itu sendiri biasanya di silang impus atau silang yang menghubungkan tinta ke hasil cetakan printer, yang sangat sering sekali hasil cetakan bergaris adalah tersumbatnya tinta pada Cartridge, untuk mengatasinya anda harus menyedot atau sedot bagian tersebut dengan alat jarum yang di sediakan dari perangkat printer saat membelinya printer.

Cara ini memang sering di di lakukan pada saat printer bergaris di hasil percetakan, Untuk menstabilkan jalur tinda pada cartridget, memang hal ini sering terjadi pengumpalan di dalamnya, untuk pertolongan pertama anda bisa lakukan membuka printer tersebut dan ambil cartridge tersebut
lalu anda bisa membersihkannya dengan menggunakan perendaman dengan air alkohol atau bisa juga denga air hangat, sebelunya perendaman anda lakukan,

maka terlebih dahulu lakukan penyedotan pada cartridget kuras sampai habis isi dalamnya sampai kosong.

Baca Juga : Cara Mengatasi laptop Yang Lambat 

Periksa Kabel Encoder 

Encoder ini berbentuk panjang di belakang cartridget , eacouder ini tugasnya adalah sebagai sensor yang membantu proses priter percetakan, kalau encouder ini berabu atau kotor, maka akan sangat pengaruh pada hasil cetakan dokumen atau data yang anda cetak.
Nah, bagaimana cara membersihkan Encouder ini, untuk membersihkan encouder ini anda bisa menggunakan kain atau lebih bagusnya menggunakan tissu saja biar terhapus habis kotoran yang ada di dalam encouser tersebut, penyebab encouder ini mengalami kotor, di sebabkan saat pengian tinda kadang ada tumpah atau terciprak saat mengisi tinta tersebut.


Pastikan tinda normal mengalir pada tabung atau botol infus ke si Cartridge, dengan tidak normalnya pengaliran tinta dari botol infus ke cartridge maka hasil cetakan bisa berupa garis dan putus-putus, karena tidak maksimal proses cartridge dengan botol infus.

Dan lakukan pencabutan dan sedot perlahan-lahan menggunakan suntikan yang sudah di sediakan sebelumnya , lakukan hingga tinta terlihat sampai ke ujung selang kemudian pasang lagi ke lubang cartridge.

Haed Cleaning

Head cleaning merupakan bagian dari perangkat lunak yang tertanam di dalam softwere managemant printer. Head Cleaning untuk menegah printer acakan hasil tinta  atau melancarkan hasil cetakan, anda bisa melakukan head cleaning untuk stabilkan printer.

Cara melakukan Head Cleanig ini. bisa anda masuk melalui contro panel > Hardwere and Saound > lalu Pilih Device and Printer, Kemudia klik kanan pada priter tersebut , maka akan muncul tulisan Printing Preference lalu pilih Maintence. pada dasarnya printer semua di lengkapi dengan fitur tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Folder Bandel Yang Tidak Bisa Di Hapus di Laptop 

Lakukan Cleanig 

Klik Head Cleaning tau Deep Cleanig setelah anda klik cleaning maka secara otomatis printer tercleaning, lakukan cleaning berulang kali, dengan mengcleaning maka perangkat keras yang ada di dalam priter seperti membersihkan Cartridge dan juga bisa melancarkan jalur aliran tinda ke cartridge tersebut.


Ganti Cartridge

Cartridge perangkat khusus yang mengatur semua elemen perkerjaan utama printer.
Pastikan Cartridge tidak mengalami kerusakan, kalau hal ini terjadi maka anda harus menggantikan dengan Cartridge yang baru.





PEMERIKSAAN SILANG INFUS PADA PRINTER

Lakukan pemeriksaan jalur tinTa silang infus ke Cartridge pada printer tersebut.



Penyedotang Silang Infus Pada Printer Anda.
Proses penyedotan silang Infus printer memang sering dilakukan untuk mencegah tinta macet .


Demikian Cara mengatasi perinter bemasalah . Inilah tips-tips  cara mengatasi printer macet atau cetakan bergaris . Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Internet Not Responding 



teuku irma mulanda

About teuku irma mulanda

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.