Belajar menggunakan rumus menggunakan Exel

Microsoft Exel adalah salah satu aplikasi yang sering di gunakan , pada umumnya Microsoft Exel ini digunakan untuk membuat sebuah data yang bisa bersifat tabel atau kolom text area.

 Selanjutnya pada artikel kali ini membahas tentang bagaimana cara menggunakan rumus exel .

Biasa rumus exel iru sendiri banyak di gunakan untuk menjumlahkan data, kalau misalnya untuk menjumlahkan sesuatu data seperti daftar pengeluaran atau data penjualan dengan menggunakan rumus exel akan lebih mudah untuk di totalkan, karena rumus exel bersifat otomatis kalau anda sudah mensetting rumus di microsoft exel tersebut.

 Kadang sebagian orang memang memag belum faham tentang exel, bahkan memang belum sama sekali membuka aplikasi exel tersebut, apalagi seperti di jelaskan di atas tadi mengenai cara menggunakan rumus exel.

Nah, bagi anda yang belum sama sekali tahu tentang microsoft exel, jangan khawatir, postinga ini akan menjelaskan sedetilnya tentang exel beserta rumus yang di pergunakan di MS exel.

Microsoft exel pada umumnya memang di rancang untuk lembar pekerjaan dengan mengunakan rumus-rumus formula yang ada di dalamnya.

Penggunaan rumus yang efektif ini akan memudahkan anda membuat sebuah laporan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft exel, karena Ms exel sudah di sediakan berbagai fitur atau rumus perjumlahan di dalamnya.

Untuk ke unggulan dari rumus-rumus Microsoft exel outu sendiri terdiri dari beberapa element yang terkadung dalam aplikasi ini, dengan kemampuan pengolahan data dengan perhitungan matematis yang berbagai macam ragam fungsinya.

Rumus-rumus yang tersediakan di dalal microsoft exel itu sendiri memang memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Dengan begitu dalam penggunaan rumus microsoft exel anda harus lebih detil memahami seupaya akan lenih maksimal dan praktis.

Kalau anda sudah memahami sedikit dasar-dasar rumus dan fungsinya dasarnya, mungkin untuk menggunakan rumus exel tersebut sangat mudah dalam menciptakan sebuah rumus sesuai dengan keinginan anda.

Sebelum memasukan ke tahapan cara meulis rumus di microsoft exel, terlebih dahulu kita mnegenal rumus dan fungsi di Microsoft Exel.

Membuat data di Ms exel merupakan aplikasi yang menggunakan cara tersendiri untuk melakukan berbagai cara perjumlahan dengan menggunakan macam-macam rumus yang bisa kita ketahui. Berikut adalah Rumus dan fungsi yang ada di microsoft exel.

>> Max.
Fungsi Max.
Max Merupakan rumus yang sering di gunakan untuk mencari jumlah nilai tertinggi dari beberapa sekumpulan data, untuk penulisannya ialah sebagai berikut :

pada rumus Max ini dimana Nomor 1, Nomor2,dan seterusnya merupakan data range atau sering di sebut ( NUmberik) yanga mencari nilai tertinggi. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data D5 samapi Range data F7, maka cara penulisanya adalah =MAX(D5:F7)

 setelah anda melakukan perintah penulisan tersebut lalu tekan enter.

Itulah tugas dan fungsi rumus Max.

>>SUM.

Funsi SUM. adalah untuk merumuskan berbagai macam data exel yang merupakan perjumlahan data pada suatu range. Pada umunya penulisan SUM adalah =SUM ( Number1, number2, dan seterusnya.pada number berikutnya adalah number1,number2, dan selanjutnya ialah range data yang akan di jumlahkannya. Contoh untuk penulisan rumus sum.

Misalnya kita menggunakan B4 dan E6 maka yang kita perintahkan dengan rumus sum. =SUM(B4:E6) setelah penulisan rumus sum sudah di ketik kemudian tekan enter, secara otomatis akan terjumlahkan hasil data dari sel B4 dengan E6.

Itulah fungsi SUM sebagai rumus perjumlahan ,buasanya untuk penulisan rumus hampir sama hanya hanya nama rumus yang berbeda.

>> AVERAGE.

Funsi Average.
Average ini sering di gunakan untuk menjumlahkan data atau mencari nilai rata-rata dari berbagai data range yang sudah kita siapkan di ms exel tersebut. Untuk pemulisannya sebagai berikut :

=AVERAGE9number1, number2,.....) Pada number data tersebut merupakan data range yang akan di jumlahkannya dengan menggunakan perintah rumus AVERAGE,

untuk penulisannya sama dengan cara rumus MAX dan rumus lainya hanya nama saja yang berbeda, misalnya data yang kita jumlahkan berada pada sel atau kolom E3 dan G4, maka untuk menyatukan rumusnya adalah =AVERAGE(E3:G4) semuanya rumus harus di awali dengan penulisan sama dengan "=" tanpa ada tanda kutip, lalu enter.

>> MIN.
Funsu MIN.

MIN merupakan rumus yang menerapkan untuk mencari nilai terkecil manimum atau sebaliknya seperti rumus MAX untuk mencari nilai tertinggi dengan rumus Min sendiri adalah untuk mencari nilai terkecil. untuk contoh penulisannya begini.

=MIN( ketik sel atau kolom number berapa data yang di jumlahkan misalnya G5 dan H7) maka rumusnya sbb:

=MIN(G5:H7) tekan enter.

>> COUNT

Fungsi SOUNT.

Untuk fungsi ialah menghitung jumlah data dari sesuatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya.

Misalnya pada number 1, number2, dan seterusnya. Misalnya data berada pada sel atau kolom G6 dan H6, maka untuk penulisannya ialah sebagai berikut :

=COUNT( G6:H6) lalu tekan enter, maka secara otomatis data yang kita imput akan menghasilkan jumlahnya.

LOGIKA IF.
 Fungsi Logika If.

Nah, ini nama yang berbeda ya, logika apa kita menuliskan rumus dengan logika kita, heee.
Fungsi rumus logika adalah biasanya data yang kita masukan mempunyai nilai tertentu. Misalnya, jika nilai pada sel A1 = 1, maka untuk hasilnya 2, jikan tidak, maka akan bernilai 0.
Pada rumus Logika ini biasanya operator relasi merupakan nilai "Perbandingan ", untuk lambang dan fungsinya sebagai berikut :

Referensi Operator

: ( titik dua) Operator rentang , sesuatu referensi yang menghasilkan tentang semua sel antara dua referansi, termasuk keduanya pada sel referensi tersebut. B4:B18

, (koma) simbol ini merupakan operator gabungan, yang menggabungkan beberapa referensi, contoh =SUM(B4,B18:D4:D18) setelah rumus tersebut di gabungkan akan menjadi satu referensi.

 (spasi) spasi merupakan  operator irisan, yang menghasilkan satu referensi suatu sel ke sel yang umumnya untuk kedua referensi tersebut. Contoh B7:D7 C6:C8



- Sama Dengan ( = )
- Lebih Kecil Dari ( < )
- Lebih Besar dari ( > )
- Lebih Kecil atau sama dengan ( <= )
-Lebih Besar atau Sama Dengan ( >= )

Penulisan Lambang di atas tanpa ada tanda kurung.

Contoh umum pada penulisan dan fungsi ini ialah sebagai berikut :

Jika kita menyatukan rumus If dengan perintah =IF(logical_test,value_if_true,if_false), dan biasanya untuk ekspedisi logika (logical_test) yang di namakan sesuatu nilai yang benar, maka untuk perintah pada (value_if_true), akan di laksanakan jika nilai yang kita gunakan salah, maka perintah pada (value_if_false), yang akan di laksanakan.

Untuk rumus logica ini biasanya jarang di gunakan, ini hanya penjelasan cara penulisannya saja.


Nah, kalau sobat sudah mengetahui dengan penulisan rumusnya.

Sekarang kita masuk ke tahapan cara menulis rumus di Microsoft Exel.

Dalam penggunaan rumus-rumus di microsoft exel ini, hal yang pertama yang harus anda ketahui ialah bagaimana mengisi atau menulis rumus di ecel agar bisa lebih ready atau benar saat di gunakan.

Cara menulis rumus biasanya kita dapat langsung mengetikkan angka di tabel atau di exel tersebut.

Cara pertama :

> Arahkan penunjuk sel pada sel di mana tempat hasil akan di tampilkan atau jumlahkan natinya.
> lalu anda pilih pada formula bar, kemudia ketik = 700000+45000 lalu enter, nah cara ini memang terlihat simpel bukan . Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


" Book : Penggunaan menggunakan rumus penjumlahan sederhana ini memang cukup mudah karena rumusannya pandek dan  sangat sederhana.

Selanjutnya . Menggunakan Rumus Microsoft exel dengan Menulis Rumus Dengan Bantuan Mouse.

> Untuk penggunaan rumus ini , seperti biasa letakkan ujung kursol atau penujuk kolom sel pada sel tempat hasil yang akan di tampilkan nantinya.

> lalu Ketik Perintah sama dengan " = " tanpa ada tanda kutip , kemudia pilih dan klik Sel C4.

> Selanjtnya Ketik dan pilih Sel C5.

> Lalu Tekan Tombol Enter, maka secara otomatis rumus akan update hasilnya.

" Book : Penggunaan rumus ini harus sangat detil untuk menulisnya karena sering terjadi salah ketik alamat sel.


Membuat rumus dengan menggunakan perintah alamat sel.

>  Seperti biasa tempatkan sel atau arahkan sel pada tempat hasil akan di jumlahkan.

> Lalu pada formula bar ketik perintah " = C4 + C5 " tanpa tanda kutip , kemudia tekan enter.

" Book : Dengan menggunakan rumus ini di bilang sangat bermanfaat karena datanya sering berubah- ubah.

Sebenarnya penggunaan rumus pada microsoft exel sangat mudah kalau kita sudah faham denga perintah rumus tersebut. Nah, untuk penjelasan di atas menurut saya anda sudah faham sedikit penggunaan rumus.

Sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya.

Contoh matematika yang sering di gunakan pada rumus dasar exel.

Memang penggunaan rumus sudah menjadi ajang kepentingan di sebuah aplikasi microsoft exel, karena menggunakan rumus pada exel sangat membantu pekerjaan lebih cepat, Microsoft exel memang sangat di unggulkan dalam mengolah data pekerjaan seperti perjumlahan. maka dari itu operator dasar matematika rumus ini di katakan sebagai rumus standar. Contoh rumus exel yang sering di gunakan oleh operator matematika.



Pada penggunaan rumus exel yang sering di gunakan opartor matematika , ini di sebut rumus dasar Ms Exel. Rumus ini memang terlihat sedikit bungung kalau anda belum memahami tentang rumus.



Untuk penjelasan pada gambar tebl di atas, simak penjelasan berikut ini :

Pertama anda isikan tombol diskon yang ada di dalam tabel tersebut.

> Lnagkahnya adalah pilih kolom yang akan di  isikan  Rp %. pada contih ini sel yang akan di gunakan adalah menggunakan perintah sel G6, pilih dan aktifkan sel G6 pada kolom sel tersebut.

> Yang harus anda perhatikan dalam penggunaan rumus ini adalah perintah awaln sama dengan " =", di setiap rumus exel yang harus di awali dengan = , sama dengan ini di bekali dengan fitur fungsi rumus.

>  Lalu ketik kolom E6 dengan Kolom F6, kenapa harus e6 dengan f6, karena sel tersebut untuk rumus sel agar terhubung ke sel yang akan di junlahkan. Cintoh penulisan pada sel aldalah ( = E6*F6 ) tanpa ada tanda  kurung.

> Untuk mengatahui hasilnya tekan enter secara otomatis jumlah akan di tampilkan, Nah, kalau hasil tidak sesuai yang kita inginkan, maka perhatikan atau periksa lagi perintah rumus yang anda ketik tadi. Hasil yang di dapatkan 30,000 pada kolom C6 tadi [ 30,000 adalah dua puluh persen 20 % dari angkan 150,000 ].

> Dalam perhitungan rumus diskon, langkahnya adalah copas atau copy format dengan cara Drag pada kolom rumus yang sudah selesai di kerjakan tadi, kemudian tarik ke kolom G15. kenapa G15 karena posisi jumlah angka terletak pada kolom tersebut.

" Book : Untuk mempermudah anda bisa lansung mengklik kolom yang akan di kalikan tanpa harus susah mengetik kolom yang akan di hitung satu persatu angkan pada terget sel tertentu.

MENGISI TOTAL BAYAR.

Dalam pengisian total bayar setelah mengisi total kolom Diskon . sekarang masuk ke pengisian total Biaya.

> Pilih dan klik kolom yang akan di isikan  Total Bayar Pada perintah ini sel akan di jadikan format adalah H6, kenapa H6 karena posisi angka terletak pada H6.

> Jangan lupa seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi awali penggunaan rumus dengan simbol sama dengan = untuk membuat hasil tidak terjadi kesahan pada total perjumlahan nantinya.

> Nah, pada kolom H6, kurangkan kolom biayy "E6" dengan Diskon Rp. "G6" . Untuk mengetahui hasil jumlahnya lansung tekam perintah enter, maka secara auto akan tampil 120,000 pada kolom total bayar yang pertama.

> Selanjutnya untuk perhitungan rumus total bayar, caranya sama juga dengan cara di atas tadi dengan meng copy format drag pada rumus yang sudah selesai di kerjakan tadi, kemudian seret atau tarik hingga ke kolom H15, kenapa H15 , seperti yang sudah di jelaskan di atas karena H15 letak posisi Jumlah Total.

" Book :

Untuk sekanjutnya dalam pengisian kolom jumlah di bawahnya , terdapat pada kolom H7 dst. langkahnya hanya cukup mem block cell yang telah berisi rumus operator perkalian , kemudian arakan mouser atau kursol ke arah sudut bawah cell atau kolom. tunggu kursol berubah hingga menjadi tampipl icon + pada kolom tersebut.

Setelah itu klik dan tahan lalu seret atau geser kata istilahnya Drag, lalu letakkan ke posisi bawah. Maka dengan demikian , perintah sudah meng-copy format rumus tersebut, maka perubahan sudah di sesuaikan pada kolom yang akan di kalikan lagi.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel Di Microsoft Exel

Nah, sampai disini tutorial dan cara penggunaan rumus di microsoft exel sudah siap.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat Hyperlink Di Power Point




teuku irma mulanda

About teuku irma mulanda

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.